Sabtu, 22 Juni 2013

ASAL-USUL MEME DAN RAGE FACES

19700-1366x768.jpg (1366×768)
  Sobat pasti tau juga dengan karakter-karakter diatas, yaa, itulah karakter meme yang terdapat pada rage comics, saat ini rage comics sedang menjadi trend dan banyak disukai oleh orang.Rage comics adalah komik yang berisi cerita-cerita lucu/ humor yang sangat sederhana dan pendek/ singkat banget. Dulu waktu pertama sekali saya melihat comic ini, saya nggak mengerti, apa maksudnya? karena terlalu simpel dan pendek plus karakternya aneh-aneh, menurut saya lho, tapi lama kelamaan saya baru mengerti dan mulai menyukai rage comics, dan saya juga hampir hafal dengan karakter-karakter meme yang ada pada rage comics. Untuk mencari cerita meme comic, sangatlah mudah karena di internet sudah banyak bertebaran, baik itu di facebook, ataupun blog dan situs, biasanya saya ngeliatnya ya di facebook "Meme Comic Indonesia", ada juga di situs 9gag.com dan9guyon.com atau 1cuk.com kalau yang pake bahasa inggris buka aja humorswitch.com atauragecomics.com  sebenarnya masih banyak lagi situs2 lain, silahkan sobat cari sendiri.

Nah kali ini saya akan share seputar Sejarah Ekspresi Meme Comic / Rage Comic beserta fungsi nya, monggo langsung aja disimak,. 

1. Troll Face

Troll-face-guy-meme.jpg (400×365)

Sejarah

Troll Face adalah meme yang berupa wajah yang mengekspresikan kejahilan. Penemu dari meme ini adalah Whynne (seorang user DeviantART). Yang sebenarnya, dalam post-nya, Whynne ingin menggambarkan karakter yang bernama 'Rape Rodent'. Kini, Ekspresi tersebut sering digunakan untuk post-post dalam rage comics untuk mengekspresikan kejahilan.

Fungsi

Mengekspresikan bahwa seorang karakter dalam komik sedang menjahili tokoh komik lain.
Menjahili seorang user (pembaca rage comics/meme)
Karena tidak semua 'troll' (kejahilan) selalu berhasil, maka diciptakan pula 'failed-troll face' yang mengekspresikan ekspresi sedih karena gagal menjahili.

Contoh penggunaan

 Sejarah dan Asal Usul Ekspresi Meme Comic
Foto di atas menunjukkan kejahilan berupa menutupi laser optik pada bagian bawah mouse. Sehingga mouse tidak akan bekerja meskipun digoyang-goyang berapa kali pun.


2. Bitch Please

Sejarah dan Asal Usul Ekspresi Meme Comic

Sejarah

Meme ‘Bitch please’ adalah cuplikan ekspresi dari pemain basket yang bernama Yao Ming yang sedang tertawa terbahak-bahak saat jumpa pers , pada Mei 2009.berikut videonya





Fungsi

Fungsi dari meme ini adalah untuk:Menunjukkan sesuatu yang lebih 'wah' Mengekspresikan senyum menyindir Mengekspresikan 'ketidakmenyesalan' atas sesuatu yang telah diperbuat
Setelah banyak modifikasi terhadap ekspresi ini, sekarang, sudah muncul meme serupa yang berfungsi lain seperti: Menunjukkan rasa  jijik/ takut & penolakan, Menunjukkan rasa acuh


3. Forever Alone



Sejarah dan Asal Usul Ekspresi Meme Comic

Sejarah

Meme 'Forever Alone' pertama kali menyebar melalui 4chan pada tahun 2009. Berdasarkan berbagai sumber, diketahui bahwa komik asli 'Forever Alone Guy' pertama berjudul 'April Fools'. Komik tersebut diunggah oleh pengguna FunnyJunk yang ber-username Azuul.

Fungsi

Meme 'Forever Alone' berfungsi untuk Mengekspresikan:
• Rasa kesepian
• Kekecewaan terhadap dunia

Contoh Penggunaan

 Sejarah dan Asal Usul Ekspresi Meme Comic
Comics di atas menggambarkan seseorang yang mengerjai mantan pacarnya dgn alih-alih April Mob

Variasi Meme

 Sejarah dan Asal Usul Ekspresi Meme Comic Sejarah dan Asal Usul Ekspresi Meme Comic

4. Me Gusta

Sejarah dan Asal Usul Ekspresi Meme Comic

Sejarah

Sebuah Frase Colloquial dari bahasa Spanyol 'Me Gusta' pertama kali diadaptasi dari sebuah rage comic yang digambar oleh seorang ilustrator bernama Matt Oswald yang mengunggah karyanya ke Reddit, 4chan, DeviantART, bahkan pada tumblrnya.

Meme ini sering diadaptasikan sesuai dengan keadaan yang ada pada rage comics yang diceritakan, agar komik tersebut menjadi lebih lucu. Misalnya, frasa 'Me Gusta' diubah menjadi 'Me Baloonsta' atau 'Me Dragonsta', dll.

Fungsi

Meme Me Gusta berfungsi untuk mengekspresikan rasa senang yang aneh pada suatu keadaan, yang apabila orang lain melihatnya, akan mengira orang tersebut mengalami keterbelakangan mental.
Meme ini juga dapat dipakai untuk mewakili respon suka terhadap sesuatu yang berbau 'sara' (biasanya untuk mewakili ekspresi mupeng).
 Sejarah dan Asal Usul Ekspresi Meme Comic Sejarah dan Asal Usul Ekspresi Meme Comic
Variasi dari ekspresi ini adalah 'no me gusta' yang berarti penolakan terhdap sesuatu secara kesal.

Contoh Penggunaan

Sejarah dan Asal Usul Ekspresi Meme Comic

5. You Don't Say?

Sejarah dan Asal Usul Ekspresi Meme Comic

Sejarah

“You Don’t Say?” adalah cuplikan dari wajah Nicholas Cage dalam filmnya yang berjudul “Vampire Kiss”. Pada scene tersebut, ditunjukkan bahwa Nicholas Cage sedang menanyai asistennya. Karena mimik muka Nicholas yang lucu, akhirnya mimik muka tersebut dijadikan meme pada rage comics. Berikut cuplikan videonya 



Fungsi

Meme “You Don’t Say” sendiri berfungsi untuk mengekspresikan tanggapan terhadap:
Pernyataan lazim yang bahkan nenek-nek ngupil pun pasti tau.
Pertanyaan retoris yang sudah pasti jawabannya, sehingga
orang yang ditanyai lebih memilih untuk menjawab secara sarkastik.

Contoh Penggunaan

Sejarah dan Asal Usul Ekspresi Meme Comic
Jelas jelas itu pasir......

6. If You Know What I Mean

Sejarah dan Asal Usul Ekspresi Meme Comic

Meme "If You Know What I Mean" Menggunakan wajah ekspresi Mr. Bean, kalo dilihat lihat dari wajahnya Mr. Bean yang penuh dengan maksud tertentu, biasanya meme ini digunakan untuk ceerita yang mengandung maksud tertentu dibaliknya.

 

Itulah tadi sekilah sejarah dan asal usul meme comic sebenarnya masih banyak karakter meme yang lainnya Insha Allah kalo ada waktu lagi saya akn share lagi. Kalo sobat mau membuat Meme Comic sobat sendiri, silahkan kunjungi: http://builder.cheezburger.com/builder/rage atau http://ragemaker.net/. Cukup sampai disini dulu artikel sederhana ini, semoga dapat memberi pengetahuan dan bisa bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar