Rabu, 26 Juni 2013


Siapa Raditya Dika?


Raditya Dika (lahir Desember 28, 1984) adalah seorang komedian dan creativepreneur.
Raditya dikenali publik setelah buku pertamanya Kambingjantan (Gagasmedia, 2005) terbit di pasaran. Selanjutnya, berbeda dengan Kambingjantan, Raditya menulis buku bergaya personal-essay-comedy berjudul Cinta Brontosaurus (Gagasmedia, 2006). Buku tersebut, bersama buku-buku berikutnya, Radikus Makankakus: Bukan Binatang Biasa (Gagasmedia, 2007) Babi Ngesot (Bukune, 2008), Marmut Merah Jambu (Bukune, 2010) dan Manusia Setengah Salmon (Gagasmedia, 2011) sukses menjadi bestseller nasional.
Di akhir tahun 2008, bersama komikus Dio Rudiman, Raditya menulis komik Kambingjantan (Gagasmedia,2008) yang juga dilanjutkan ke Komik Kambingjantan II (Gagasmedia, 2010).
Buku Raditya yang berjudul Kambingjantan, juga telah dijadikan film yang disutradari Rudi Soedjarwo. Selain menulis skripnya bersama Salman Aristo dan Mouly Surya, di film tersebut dia juga memerankan dirinya sendiri. Film ini tayang 5 Maret 2009.
Film keduanya dia tulis dan perankan sendiri, diangkat dari buku Cinta Brontosaurus, tayang 8 Mei 2013. Film ketiganya berjudul Cinta Dalam Kardus, tayang 13 Juni 2013.
Raditya juga membuat serial komedi populer berjudul Malam Minggu Miko yang ditayangkan oleh Kompas TV dan Youtube pribadinya di http://youtube.com/radityadika. Serial ini sangat populer, episode-episodenya sudah ditonton hingga lebih dari 18 juta kali.
Selain menulis, Raditya juga seorang creativepreneur, sempat ikut mendirikan penerbit Bukune, dia juga mendirikan  perusahaan pemasaran internet Nyunyu Consulting, dan usaha pancake duren bernama Celebrity Pancake (@durianpancake).

Buku Radith (diurutkan dari yang terbaru)


Manusia Setengah Salmon
Marmut Merah Jambu
Kambingjantan: Sebuah Komik Pelajar Bodoh (Book 2)
Kambingjantan: Sebuah Komik Pelajar Bodoh
Babi Ngesot : Datang Tak Diundang, Pulang Tak Berkutang
Radikus Makankakus: Bukan Binatang Biasa
Cinta Brontosaurus
Kambingjantan

Categories


1 komentar: